Langsung ke konten utama

(suka) DUKA SALES part 3.

oke



ini untuk kalian yang uda nagih blog baru gue tanpa mengenal lelah dan....... 

INI.. 
UNTUK 
KHALIAANN 
SEMUAAAAA


"AAAAKKKKKKKKKK"..#CeritanyaBanyakYangTeriakGitu  #KibasKibasPoniEkstensienan #YAHLEPAS 


Setelah 2bulan melanglang buana sebagai pengangguran cantik, gue memutuskan untuk melamar pekerjaan baru. Yang sebenernya ga bisa dibilang melamar juga sik, lebih tepatnya tiba-tiba ditawarin pekerjaan baru.. Yang juga ga baru-baru amat.. #JedotinKepalaSendiri


Waktu itu, seorang teman twitter yang juga seorang selebtwit yang terkenal tukang PHP yang juga susah move on, nanyain gue "mau ga kerja di kantor gue, lagi nyari sales tuh"..

Gue yang aslinya (EHEMM) pemalu bangett namun uda niat banget kerja, langsung ngirim cv secepat kilat.. (Kilatnya juga kilat JNE yah, yang kadang 1hari kadang 2hari.. Yang tergantung mood mas-masnya ajah) 


Setelah gue ngirim cv, GUE LANGSUNG DITELPON.. Iyah, hari itu juga.. Oleh kantornya, untuk dipanggil interview. 
Interview yang gue hadapi juga ga bisa dibilang mudah. karena...

Interview 1

A: JADI.. why we should hire you?
Me: karena saya pintar.
A: oh really?
Me: lihat kan? saya ajah berani bilang diri saya pintar. berati saya percaya diri. orang percaya diri itu bagus di sales. 
A: AAAHH..
Me: walau saya percaya diri, tetep ajah saya masih lajang sih.. belom.. dilamar mah belom.. *kalimat barusan merupakan jeritan hati ajah*
A: so.. bisa coba kasi tau, tentang diri kamu?
Me: ... pernah liat film meteor garden?
A: ... belum..
Me: yah well.. saya suka film itu pak.. menyentuh..


Interview  2

A: gue denger2.. nilai lo bagus di interview kemaren..
Me: ah serius bu?
A: kenapa gue harus nerima elo disini?
Me: SAYA SEMANGAT BU. DAN SAYA BUTUH UANG.
A: am.. jujur.. bagus.. 
Me: SAYA GA MAU SAMPE HARUS JADI ANGELINA SONDAKH BU. KORUPSI. UNTUK UANG..
A: bagus!! eh, btw.. dia beneran yah?
Me: iyah.. dia kan hobinya belanja online..
*dan interview pun berlanjut dengan topik angelina sondakh"

Singkat cerita.. dari interview yang cukup asal-asalan itu gue diterima.. diterima pun, dengan sempet keraguan dalam hati gue..

"apakah ini tempat gue?"


Namun, gue coba jadi sales kembali setelah 8 bulan vakum sebagai sales, membuat gua kembali mengingat apa ajah yang uda terjadi dalam diri gue.. Sempet gugup, sempet bingung.. Sempet jerit "AKUU KUDU PIYE" tapi toh.. Semua terus berjalan..

Menjadi sales di bidang yang sungguh amat baru ini, ngebuat gue jadi lebih sering merenung, murung, bahkan Lebih sering bingung, jadi kurus, dan.... (INI BOHONG SUMPAH) *kancing celana lepas* *kegemukan* *ctak ctak*

Sebut saja "MEDI..TASI HOTEL" ... gue pun jadi punya suka duka sales yang tak kunjung selesai.. Karena kebetulan gue nanganin social function, wedding, birthday, gala dinner, gathering dan sebagainya.. 

Yang justru ngebuat gue lebih banyak menangani tante-tante oom yang berasal dari  dataran tiongkok sama seperti gue #PetikKecapi , memiliki plus minus tersendiri.. bahasa mereka yang cenderung pelo, membuat nama gue susah disebutkan dengan baik...


(C untuk Client dan Me untuk gue)

CLIENT 1

C: .. sayak mau wedding yah
Me: Oh iyah ibu, saya Aurelia.. 
C: ha? ALIA?
Me: Aurelia ibu..
C: AULIA?
Me: AUREL.... LIA ibu
C: AWULIA?
Me: AUUUUUREEEELLLIIIAAAAAA
C: AWULALIA?
Me: *ulangi sampai dilamar*


CLIENT 2

C: eh.. uda blapa lama lu sih disini?
Me: baru pak, baru juga 3 bulan..
C: hebak lu ya lu.. hebak.. awuwel..
Me: ya pak? gimana?
C: Awuwel hebak masih mudah gesik owangnya..
Me: *cekokin bayclean*


CLIENT 3

C: AWULIA??
Me: Aurel ibu.. iyah ada yang bisa saya bantu?
C: HALGA KULANGIN DIKIT LAH. MAHAL KALI LU LAH
Me: hihi.. ga lah bu..
C: HALGA LU MAHAL AULIA.
Me: hihihi engga bu.. btw, aurel..
C: aahh.. palahhh luu .. AURRIA Bantu dikit lah
Me: *jejelin pantat wajan*


Penyebutan nama Aurelia di kantor instead of Icha sebenernya emang dimaksudkan untuk itu, biar tamu agak ribet.. jadi dia terus menerus mengulang nama gue.. dan inget dengan gue #NgelesLoSalesBangetNyet #Sales #Super #Instagram #Instafood #Oh #yeah #Kamu #Bisa

Kerja di tempat baru ini, emang super duper fun.. karena mungkin suasana kerjanya yang fun, orang-orangnya yang juga fun, dan lebih indahnya lagi.. gue berasa diterima sebagai keluarga disini..

Salah satu temen kakak gue nanya ke gue...

"How's your new job"

dan jawaban gue ga pernah gue sangka bakal keluar dari mulut gue..

"yah.. FUN"

dia bilang ....

"Oke, when you said your job is FUN. so that's it. kamu pasti ngejalaninnya dengan jauh jauh jauh lebih enteng"

dan super bener, bangun pagi pun bukan masalah, kerja dihari libur pun tidak terlalu jadi beban.. ngeluh bangun pagi dan bilang males kerja? hmm.. gue ajah lupa kalo tiba2 udah 4 bulan disini...  mungkin satu hal yang bener-bener terngiang sampe sekarang diingatan gue.. sebuah kaliamat yang dulu pernah terlontar...

"Your personality, doesn't fit to others"


and now i can say it out loud.....

"MY PERSONALITY, DOESN'T FIT TO OTHERS IN HERE, THANKS TO YOU"

Walau pekerjaannya punya beban tanggung jawab 70kali lebih berat ketimbang pekerjaan2 sebelumnya, gue sampe sekarang masih merasa indah-indah ajah..kalo dalam masa perkawinan, gue ini lagi dalam masa-masa sangjitan.. masa-masa dikasi hantaran lamaran oleh sang pacar.. (kalo Rendi baca.. ini bukannya aku nyindir kamu yah)

Bukan berarti juga dalam waktu singkat gue ga punya problem di kerjaan.. ada.. cuman mungkin karena gue baru juga.. jadi hal-hal yang antik dan memusingkan masih bisa gue lalui.. yah mentok-mentok nawar, atau minta macem-macem.. 

CLIENT 4

C: jadi, kamu bisa ga bikin makanan itungnya jadi porsi?
Me: Engga pak, kan nanti makanannya abis, ada tamu bapak yang ga dapet makan..
C: GAPAPA.. biar ajah mereka ga dapet..
Me: ... tapi nama hotel kami kan jelek pak...
C: oh.. gitu yah.. jadi...
Me: iyah.. ga bisa pak..
C: ya... yauda itung porsi ajah..? aurel bantu?
Me:... *Tusuk pake duri mawar* *tebar*


CLIENT 5

C: Gini mba aurel yang cantik banget, boleh ga.. kalo misalnya..saya... 
Me: gimana pak?
C: misalnya, saya minta harga yang ditulis di proposal ditambahin dikit?
Me: mark up?
C: engga.. cuman dinaikin ajah dari harga asalnya..
Me: oh...
C: bisa yah?
Me: GA.
C: lho kenapa? masa ga bisa.. sama saya?
Me: *telpon KPK*


CLIENT 6

C: BEAUTY AUREL..
Me: i.....iyah?
C: Udah punya pacar belum?
Me: ... yah?
C: saya kenalin sama anak saya mau ga?
Me: engga bu. saya uda punya pacar..
C: oh.. tapi anak saya kaya loh..
Me: ... pacar saya juga.. kayaaaaaaa.. kaya ga punya pacar #DanDisinilahCurhatDImulai
C: *bingung*


Sebenernya mungkin ajaibnya orang-orang ini, hanya sepersen dari puluhan milyar orang di luar sana.. tapi ketemu dikit ajah udah berasa banyak yang aneh-aneh, ada yang suka curhat, ada yang suka jadi objek penderita, ada yang komplen mulu.. ada juga yang engga romantis (ini yang terakhir bukan buat Rendi)

Sebenernya kadang gue pengen punya client ala-ala di FTV gitu, yah siapa kek.. @piklih gitu dateng bertamu ke hotel, ceritanya mau ulang taun, jatuh cinta ama salesnya gitu.. terus judulnya "SALES CINTA".. (Jika Piklih baca, aku pinjem namanya yah)

Untuk jadi sales sih sebenernya susah-susah gampang, akan jauh lebih gampang jika urat malu kita ga ada.. yah mau gimana lagi, kalo kata si bos "KALIAN DIGAJI UNTUK DI MAKI..MUAHAHAHAHA" 

walo banyak juga dari orang yang bilang "Ah.. lo juga ga bakal lama disana.. " gue harap sih bisa lama disini, or at least, ganti kartu nama karena jabatan yang ganti lah yah.. atau ganti nama keluarga juga gapapa.. jadi Cullen kek... *Manjat ke pohon* *Sinar2 ke matahari* *gigit gigit beruang*

Jadi, yang ingin gue share disini adalah 

Kalo lo merasa punya tempat kerja yang ga sesuai sama elo, coba paksa dirilo, kalo masih ga bisa.. meningan keluar.. karena hidup cuman sekali.. buanglah hal-hal yang bisa membuatmu tidak bahagia.


dann....

kalo emang lo merasa ga ada tempat yang sesuai sama elo, lo ga diterima disana sini, kerjaanlo terlalu berat, lo benci boslo, lo benci semuanya, lo ga suka kerja, lo ngeluh.. satu hal yang bisa lo perbuat.. BORN RICH. kalo engga..CHIN UP! FACE IT! *tendang pantatnya*

Sekian..


Ps: Terimakasih mas @_superOMOM sudah memperkenalkan saya ke pekerjaan yang punya lingkungan super menyenangkan ini. walau saya ga bisa jatuh cinta sama kamu. saya doakan kamu kurusan. makasih. *lepehin permen karet* *tempelin ke mejanya* 




Komentar

  1. Menarik nih kak ceritanya, keep blogging dan semoga cepet dilamar :D

    BalasHapus
  2. life is too short to worry mbak, adepin dengan adem :D

    BalasHapus
  3. sales hotel mana nih?
    ihihihih

    BalasHapus
  4. Saya sekarang bekerja sebagai sales dah insya allah akan resign 2 bulan kedepan karena merasa kurang mampu di pekerjaan sekarang dan merupakan keinginan dari orang tua

    BalasHapus
  5. Pengalaman yg sangat berharga ya kak , tetap semangat mengejar mimpinya kak !!!
    (Yg butuh pasang WIFI area Surabaya & Sidoarjo)
    Bisa hubungi saya
    085955239791
    Isom MNCplay

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

licin, halus, hemat waktu dan listrik?

Akhir-akhir ini gue sering banget curhat via instagram mengenai budget “ DIRI SENDIRI” gue yang udah berpindah jadi budget anak. Segala budget yang awalnya buat facial, buat hairspa, meni pedi berubah deh jadi buat beli popok, beli mainan, ataupun beliin baju anak biar anak jadi makin lucu. Kalo dipikir, kayaknya sebagian besar temen-temen gue yang mak-mak gitu semua, malah gue ini termasuk yang masih longgar loh soal budget. walau, celana ga longgar-longgar juga, bolehlah yah bajet kita longgarin? engga? boleh ga? #dialogdengandirisendiri.  Longgar bukan berarti ga mikir sama sekali yah, untuk menghemat di tepat lainpun gue tetep mikir. HYA IYALAH KALO GA,   GAJI DERA AMA YANA GIMANA~ Terus, kemarin, di Grup watsap, uda pada mulai heboh sama kenaikan tariff listrik, hhhh~~ ga naik ajah Barbie tangerang selatan mulai lupa sama yang namanya pampering karena kudu pinter-pinter make uang, yak an yak kan.. MANA SUARANYA BOEBOKK..? Pas tau tarif listrik naik, gue sih ga

sebuah pemikiran seorang ibu yang lagi makan bubur ayam.

I love being a mom, i do. Tapi bukan berarti gue cinta mati sama anak gue dari gue liat dia pertama kali di ruang operasi yah. dulu sebelum lahiran, seorang sahabat ingetin gue untuk terus merasa diri waras walaupun tidak merasa proses kelahiran itu amazing. Nanti, abis lahiran, kalo lo liat muka anaklo dan lo ga merasa cinta-cinta amat, wajar yah. lo waras kok. Waktu itu gue ga engeh maksud dia, karena kan selama ini gue korban drama, korban sinetron, korban iklan, dimana seorang ibu abis lahiran, anaknya mukanya uda jelas, ga bengep, ibunya juga rambutnya ga lepek, si ibupun ga melalui proses muntah-muntah, menggigil ataupun kesakitan karena anaknya nyangkut, tiba-tiba meluk, terus dicium keningnya ama suaminya. GA GA GA GA GA Listen to me girls. ga gitu. pas anak gue keluarin dari perut, gue bahkan ga bisa inisasi menyusui dini, karena gue muntah-muntah, bahkan tepat setelah mencium dia. kalo nanti kamu baca nak, NO, it's not your fau

(suka) DUKA seorang SALES

Ketika gue akhirnya menyelesaikan program studi gue di BINUS, secara TEPAT waktu dan hasil yang engga malu-maluin.. gue berfikir bagaimana move on dari dunia perkampusan..  dari segi makanan favorit gue si efata, dari segi kendaraan yang so pasti ada, dari segi uang jajan ... iyah.. UANG JAJAN.. iyah.. sekali lagi UANG JAJAN yang akan distop seketika gue memiliki pekerjaan.. Dimulai dari proyek iseng setelah gue sidang, gue mengirimkan 1 lembar cv ke tempat magang gue, dan 1 nya lagi ke Head hunter gitu.. semacam penyalur lah.. kaloo di pemerintahan.. nama kerennya PJ.TKI.. #IchaNgarang #IchaDitindak #IchaDiKirimKeArab.. lantas, tanpa harapan yang besar,, tiba-tiba si tempat magang nelepon..  Job 1:  HAI! dengan AURELIA? (iyah, dia nyebut dengan kenceng, jadi gue bold yah) icha;  YAH! SAYA! AURELIA! (gue pikir harus sopan, membalas sapaan penuh semangatnya) Job 1:  DATENG yah SENIN kemari.. bisa? icha:  HA? SERIUS? bi....bisa... Job 1:  Oke! KAMI TUNGGU! *hari interview* Job 1: