Langsung ke konten utama

em....brace!

Setelah lama ga nulis blog, akhirnya malem ini.. 
tepatnya barusan.. 
gue kepengen banget nulis.. kepengen share hal yang mungkin beda 180 derajat sama hal yang biasa gue tulis di blog ini..

Kepengen share hal yang berbau kedokteran yang mungkin kalo ada salah satu pembaca yang berprofesi sebagai dokter bisa bantu ralat atau memberikan tambahan atau juga nomor telepon #CipokBrutal

Jadi hari ini adalah hari pertama gue sekolah Make Up.. (YIPIIEEE).. semuanya berjalan lancar, seru, dan nyenengin tentunya.. saat jalan pulang dari sekolah, gue ngoprek-ngoprek hape, ehhh dapet email yang mengharuskan gue untuk ngeprint.. (sumpah emailnya membahagiakan kok) #ifYouKnowWhatIMean

hm.. yang jadi masalah adalah printer di kamar gue itu beda fungsinya sama printer di kamar kebanyakan cewe di luar sana..

printer di kamar gue lebih sering dipake buat tatakan kaki ketika gue lagi nonton drama serial korea, atau drama tentang vampir dan gadisnya.. hihihi.. iyah.. film yang sering banget ngebuat gue terbuai dan ngerasa cowo gue kayak botol aqua bekas.. (kalo ada yang aduin Rendi, gue sumpain jatuh cinta sama gue)

makanya, gue ga heran ketika hasil printer gue bagai kisah cinta diambang putus.. MENDADAK PUDAR BROH..

setelah ulang-ulang-ulang lagi.. tetep ga ada perbaikan.. 

akhirnya gue coba buat nyari tinta printer baru, yang biasanya selalu nongol kalo engga dicari..

5 menit....

10 menit...

yang gue dapat hanya barang-barang jadi berantakan. sebenernya sih gue ga pernah masalah sama barang yang berantakan, tapi nyokap gue punya pemikiran yang beda banget soal ini.. tiap dia liat barang berantakan.. saat itu juga.. hidup gue bakal di obrak-abrik sama dia..

"BERESIN GA?"- 2 kata yang cukup membuat hatilo bergetar.


setelah ngeberesin lagi apa yang gue berantakin tanpa nemuin tinta printer, gue coba buat ke kamar gue yang lama.. 

cari di laci...

cari di lemari...
cari di rak...
cari di atas lemari...


then.........

there it was..

my brace. 

suddenly, pemikiran gue melayang ke taun 2003..

saat itu, gue yang berumur 14 taun dan centil mampus-mampusan sadar, kalo pinggang gue, beda.
gue yang akhirnya sadar, nanya ke nyokap..

"ma.. kayaknya pinggang aku beda"

waktu itu keluarga gue merupakan keluarga yang cukup awam mengenai berbagai istilah kedokteran.. (well sampe sekarang juga sih), nyokap yang juga bingung, akhirnya berusaha mencari dokter yang katanya paling termasyur.. #BukanAdekNyaMandraYah #ItuMansyur

Waktu itu, dokter (ALM) Soebroto Sapardan merupakan salah satu dokter ortho yang antriannya lebih parah daripada ngantri Chatime atau sekedar Sour Sally di Masa jayanya.. gue daftar jam 2 siang, dan baru dapet panggilan jam 2 subuh. 2 SUBUH Bro. 2 SUBUH.

pas dateng, si dokter yang emang terkenal jutek.. cuman bilang.. 

"OH.. Skoliosis"

tanggepan gue? 

"oh.."

***

oke, jadi gue jelasin dulu yah, ini temuan dari internet:

Skoliosis remaja adalah lengkungan tiga dimensi tulang belakang (bentuk C atau S) yang terjadi pada saat atau menjelang awal pubertas, dengan penyebab yang belum diketahui secara pasti. Berbagai studi telah dilakukan untuk berbagai kemungkinan penyebab (genetik, kontrol batang otak, hormon seperti hormon pertumbuhan dan melatonin) tetapi belum ada kesimpulan pasti yang dibuat. Tidak ada bukti yang menghubungkannya dengan pola makan, kepadatan tulang, postur punggung, atau tas sekolah yang berat sebagai penyebab skoliosis. Skoliosis terjadi pada remaja berusia 10 hingga 14 tahun, dan anak perempuan berusia di atas 9 tahun lima kali lebih rentan menderita skoliosis daripada anak laki-laki seusianya.
Skoliosis dapat menyebabkan berkurangnya tinggi badan jika tidak diobati. Kurva sebesar lebih dari 80 hingga 90 derajat berkaitan dengan sesak serta risiko gagal jantung dan kematian. Pasien dengan derajat skoliosis demikian juga akan lebih mengkhawatirkan penampilan mereka. Namun, keterkaitannya dengan nyeri masih kontroversial, dengan beberapa studi yang menunjukkan sedikit perbedaan dibandingkan dengan populasi normal sementara ada yang melaporkan peningkatan signifikan pada nyeri punggung dengan semakin beratnya skoliosis. 


(http://www.css.sg/bahasa/patient06.html)

***

waktu itu, gue sering ijin dari sekolah, karena dokternya praktek setiap hari selasa di RS. Pondok Indah, dan mewajibkan gue untuk rontgen setiap minggunya.. waktu itu, kalo ga salah derajat kemiringan gue sekitar 18/28. yah jadi intinya masih ringan dan masih bisa dibantu.. penanganannya bisa melalui pemakaian Brace.





Brace gue kurang lebih bentuknya kayak gitu, bahan dasarnya gipsum, beratnya kurang lebih 3-5Kg.. dipakenya ditarikkkkkkk sampe rapet. Brace itu punya bantalan keras, yang mendorong si tulang yang pertumbuhannya salah jadi lurus, seperti orang normal lainnya..

Brace itu dipake setiap hari, saat sekolah, saat makan, saat tidur.. 

rasanya?
sesek. lecet. perih. berat. panas. lebam.

kenapa lecet? coba deh bayangin ada batalan berbahan kulit yang teksturnya keras terus-terusan ngegesek kulitlo.. lo pake saat dingin, panas, terus menerus.. 

Brace ini gue pake ke sekolah juga, selama 1 tahun..

malu? engga.

untungnya gue bukan tipe orang yang mudah malu, gue justru dengan santai nikmatin jadi pusat perhatian. ya kebetulan gue jadi pake rok dan baju seragam yang sizenya 2 kali dari size gue waktu itu.. 

perkataan temen gue ga ada yang menurut gue nyakitin, well yah.. ada sih.. temen gue sempet bilang gue kayak "jason x" gue ga tau jason x itu siapa sampe gue google...........




DAN IT WAS KINDA BROKE MY HEART SIH... 
maksud gue.. 

GUE KAN JAUH LEBIH CUTE DARI SI TOPENG BOLONG-BOLONG ITU.

semuanya gue jalanin dengan biasa-biasa ajah, sampe...suatu malem, gue dan brace gue.. (waktu itu gue dan si bracie hidup sebagai satu kesatuan) haus.. rumah gue waktu itu 1 lantai, dan sederhana.. jadi pintu kamar gue itu kalo dibuka harus di dorong ke samping, instead of buka dorong ke depan..

waktu itu, sekitar jam 11 malem lah, gue dorong pintu.. 

and there she was..

my mom.

lagi duduk diem, bengong, dan air mata terus netes di pipinya.

saat itu perasaan gue campur aduk, bingung iyah, sedih iyah, tapi gue ga bisa apa-apa..

nyokap ngerasa super bersalah, 

karena ngelahirin gue dengan skoliosis bawaan..
karena ngebiarin gue harus bersusah payah dengan si brace..
karena dia ga tau apa yang harus dia lakukan untuk ngebuat gue sembuh..

saat itu gue ga jadi minum, gue balik ke kamar..dan tidur.

seiring berjalannya waktu, nyokap mulai sadar kalo skoliosis itu banyak terjadi di kalangan ABG.. #ASEK . Dia mulai bisa nerima keadaan kalo gue bukan satu-satunya "anak terpilih" untuk hidup bersama brace. bahkan banyak anak-anak seumuran gue waktu itu yang harus dioperasi karena derajat kemiringan yang uda kelewat batas. 

seiring berjalannya waktu juga, gue makin gemuk tapi engga makin tinggi. sebenernya engga makin tinggi itu ga bisa disyukuri, cuman bagi penderita skoliosis, engga tambah tinggi berarti engga tambah derajat kemiringan..

gue cuman 1setengah tahun pake brace, setelah lulus SMP, saat itu juga gue lulus memakai brace gue. lega sih, cuman sesekali di masa gue mengalami sakit pinggang yang luar biasa, gue suka pake si brace untuk tidur..

pas SMA, si Brace ga pernah gue pake lagi, terus gue punya pacar.. (gue ga tau korelasinya dimana, cuman gue mau nulis gini ajah)..

Sempet make brace bukan hanya ngebuat gue makin sehat, tapi ngebuat gue sadar kalo seberapa sakit nyokap kalo anaknya sakit.. seberapa merasa bersalah nyokap kalo anaknya dinyatakan cacat bawaan.

hal ini juga ngebuat gue cenderung dibilang "anak mami" "takut mami" atau beberapa sebutan lainnya..  gue ga marah, gue ga pernah tersinggung sama sebutan-sebutan itu.. toh yang merasa disayang kan bukan mereka :")

gue ga pernah nyangka, hal ini bisa gue tulis 10 taun dari saat itu.. dan lebih ga nyangkanya lagi.. gue nulis sambil senyum-senyum karena semua itu udah lewat...


“I can only note that the past is beautiful because one never realises an emotion at the time. It expands later, and thus we don't have complete emotions about the present, only about the past.” 



xx

cha






Komentar

  1. emailnya jadi print ci? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi dong.. kan tintanya beli baru.. #YAELAHCHA

      Hapus
  2. keren euy, lucu,,tapi bikin terharu juga.

    BalasHapus
  3. Gw punya sodara sepupu yang juga skoliosis, dan dia pake brace. 2 taun deh kira-kira dia pake itu :)

    Soal nyokap lu yang lu liat lagi nangis...

    Mungkin akhirnya gw bisa ngomong gini juga sih ya Cha, karena gw udah ada anak :)) Emang sih, beberapa hal baru bisa dingertiin pas udah ngalamin sendiri, hehe.

    Seminggu ini gw perhatiin, Wira kalo lagi belajar jalan (lagi dorong-dorong mainannya) kaki dia itu agak kebuka ke luar. Jadi biasanya kaki itu lurus ngadep depan, kaki dia agak kebuka ke luar.

    Keliatannya simpel, tapi gw langsung panik.

    Karena gw juga dulu kaya gitu. Waktu SD. Gw sampe ke Solo untuk ke RS ortopedi dan dibikinin sepatu khusus yang harus gw pake terus-terusan. Istilahnya, "koreksi kaki." Dan itu sakitnya bukan main. Jalan lima langkah pake sepatu koreksi itu bisa bikin nangis-nangis.

    And I found myself blaming me.

    Waktu itu Wira lagi duduk-duduk baca buku, dan gw ngeliatin dia. Dan gw ngerasa bersalah. Ga tau ya... Rasanya bersalah aja, Cha. You have this obligation and duty to bring up your child as best as you could and bring out the best in your child, yet there it was, that pesky problem which makes you feel failed as a parent.

    Yaaa, dibawa ke dokter ortopedi sih. Di Jatinegara. Dan kata dokternya, sebenernya ga ada masalah sama sekali. Tapi tetep observasi aja, dan selalu koreksi cara duduknya (sebisa mungkin jangan duduk bersila biar otot pahanya ga ketarik.)

    Jadi orangtua itu rasanya seperti idup dengan perasaan bersalah terus-terusan. Mungkin itu sebabnya kenapa orangtua kita bawel ya, hehehe. Because they simply didn't want us to fail and sad. And yes, your mom feels the pain as much as you do. Or maybe even more.

    One thing for sure, I believe your mom is super proud of you. As you're really proud of her :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka kap.. kakiku juga X kok.. ga normal.. tapi aku bisa ngedance, lari, sekarang bahkan ngegym gila-gilaan.. dan semuanya baik-baik ajah :)

      kalo dokter udah bilang oke.. harusnya oke.. jangan terlalu banyak berfikir yang engga-engga.. aku yakin, wira baik-baik ajah.. :")

      aaaaahh.. your comment just made my heart warm.. :*

      Hapus
  4. Hana Adisti2/9/13 7:29 AM

    Halo,aku baru pertama baca blognya..
    aku manggilnya Cici aja kali ya? :)
    aku mau tanya ttg brace itu sih, abis Cici pasang brace itu sekitar 1 taun, skoliosisnya tambah baik ga? aku juga ada skoliosis, 10 derajat. ga dikasih brace sih, dijaga aja posturnya supaya ga tambah miring.. tapi aku takut miringnya tambah parah.. jadi kalo emang bisa bikin skoliosisnya ga tambah parah - sukur-sukur mendingan, aku mau tanya ke dokter :)

    Thx before. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Hana,

      oh.. aku waktu itu derajatnya 18/28 jadi ada bagian tulangku yang masuk, sebenernya aku pake setaun karena pada saat itu aku uda ga usia pertumbuhan lagi, jadi aku ga tambah tinggi.. makanya kata dokter derajatnya juga mungkin ga akan tambah parah..

      sebenernya tambah baik atau engga, semua sih untuk mencegah ajah.. biar ga makin parah.. :D

      tapi kalo ga salah 10 derajat sih masih oke kalo engga pake.. cuman ada baiknya tanya sik.. :")

      Hapus
  5. cici icha udah pernah nonton film indonesia judulnya MIKA ? itu cerita tentang cewek skoliosis ci.

    BalasHapus
  6. aaaaaaaaaa, sugest. jadi langsung liat pinggang sendiri-.-

    BalasHapus
  7. Hai kak chaw aku sering mantengin kaka di timeline aja dan baru sekali mampir di blog kaka dan langsung pengen baca yg ini.
    Aku jg skoliosis kak dan krn aku kurang informasi dan gak nyari informasi ttg itu alhasil aku tau kalo aku jg kena skoliosis pas aku nonton film mika yg nyeritain ttg penyakit itu. Umurku skg 20thn dan blm pernah berobat atau konsultasi sama dokter atau yg ngerti masalah ini, punggung kananku beda dr yg lain kalo pakai baju jd aneh. Aku mau tanya klo umurku udah 20thn gini masih bisa di obatin gak ya? Kadang aku malu kalo pakaiannya terlalu ketat punggungku keliatan aneh. Jawab ya kak. Terimakasih :")

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

licin, halus, hemat waktu dan listrik?

Akhir-akhir ini gue sering banget curhat via instagram mengenai budget “ DIRI SENDIRI” gue yang udah berpindah jadi budget anak. Segala budget yang awalnya buat facial, buat hairspa, meni pedi berubah deh jadi buat beli popok, beli mainan, ataupun beliin baju anak biar anak jadi makin lucu. Kalo dipikir, kayaknya sebagian besar temen-temen gue yang mak-mak gitu semua, malah gue ini termasuk yang masih longgar loh soal budget. walau, celana ga longgar-longgar juga, bolehlah yah bajet kita longgarin? engga? boleh ga? #dialogdengandirisendiri.  Longgar bukan berarti ga mikir sama sekali yah, untuk menghemat di tepat lainpun gue tetep mikir. HYA IYALAH KALO GA,   GAJI DERA AMA YANA GIMANA~ Terus, kemarin, di Grup watsap, uda pada mulai heboh sama kenaikan tariff listrik, hhhh~~ ga naik ajah Barbie tangerang selatan mulai lupa sama yang namanya pampering karena kudu pinter-pinter make uang, yak an yak kan.. MANA SUARANYA BOEBOKK..? Pas tau tarif listrik naik, gue sih ga

sebuah pemikiran seorang ibu yang lagi makan bubur ayam.

I love being a mom, i do. Tapi bukan berarti gue cinta mati sama anak gue dari gue liat dia pertama kali di ruang operasi yah. dulu sebelum lahiran, seorang sahabat ingetin gue untuk terus merasa diri waras walaupun tidak merasa proses kelahiran itu amazing. Nanti, abis lahiran, kalo lo liat muka anaklo dan lo ga merasa cinta-cinta amat, wajar yah. lo waras kok. Waktu itu gue ga engeh maksud dia, karena kan selama ini gue korban drama, korban sinetron, korban iklan, dimana seorang ibu abis lahiran, anaknya mukanya uda jelas, ga bengep, ibunya juga rambutnya ga lepek, si ibupun ga melalui proses muntah-muntah, menggigil ataupun kesakitan karena anaknya nyangkut, tiba-tiba meluk, terus dicium keningnya ama suaminya. GA GA GA GA GA Listen to me girls. ga gitu. pas anak gue keluarin dari perut, gue bahkan ga bisa inisasi menyusui dini, karena gue muntah-muntah, bahkan tepat setelah mencium dia. kalo nanti kamu baca nak, NO, it's not your fau