Langsung ke konten utama

Separuh Jiwaku Pergi #AHELAH

Seperti yang kebanyakan orang udah pada paham bener, kalo gue.. adalah orang yang sangat amat mencintai diri gue sendiri..

Gue punya banyak banget alasan kenapa gue harus tetep cinta sama diri sendiri:
1. karena gue merasa wanita itu cantik dari hati
2. kepercayaan dirilah yang membuat lo cantik
3. kalo merasa diri gemuk, cari baju yang bikin keliatan langsing
4. harusnya orang lain menerima lo apa adanya.
5. yang penting sehat
6. karena gue bahagia apa adanya.
7.
.
.
.
100. dan semua alasan yang akan gue buat kalo orang bilang gue gemukan.

Setiap kali mak gue suru gue olahraga ataupun milih makanan yang lebih sehat, gue akan lebih kenceng lagi meneriakan aspirasi bahwa HEY gue cantik kok walau gemuk, karena gue cinta sama diri gue dan gue bahagia..

semua itu terus menerus gue lakukan.. sampe 2 tahun, sampe gue mikir.. "sampe kapan gue mau denial tentang badan gue sendiri"

selain denial soal bentuk tubuh, gue juga sering banget sakit.. bahkan lebih sering dari Farhat abbas ngajak ribut orang di twitter, jadi seringnya itu sering banget.. dalam 1 tahun, RS PURI bahkan hampir ngasih gue membership, yang di stempel kalo-kalo gue opname 3 kali setahun gue bisa dapet diskon.. (JANGAN PERCAYA SEMUA YANG LO BACA)

Gue selalu percaya diri. inget yah, gue ga pernah perduli bentuk badan gue sendiri..

banyak komentar seperti:

"eh, cewelo yang kayak botol kecap kemana?"

(((BOTOL KECAP)))

gue? bodo amat.. emang gue kayak botol kecap kali.. tapi botol kecap yang cantik.. #YahNamanyaJugaCintaDiriSendiri

"cha? lo gede amat sekarang?"

(((GEDE)))

gue bakal jawab "abis bahagia sih" #YahNamanyaJugaCintaDiriSendiri


atau ketika gue post foto satu badan di instagram.. pernah ada komen dari ornag yang engga gue kenal yang bilang

"mba? hamil yah"

(((HAMIL)))

agak sakit hati sih disitu, mulai sempet mikir emang gue sekeliatan hamil gitu? emang perut gue segede itu yah?? dan seketika foto itu gue musnahkan dari instagram..

karena banyak orang yang ngomong asal tanpa mikir, yang harusnya mereka tau.. mereka akan melukai hati si penerima omongan tersebut.. Becandaan fisik itu engga pernah lucu, orang yang kenal pas becandain fisik kita ajah, belom tentu kita merasa lucu.. apalagi yang cuman sok kenal? 

ini loh fotonya:

TARAAAAAA


Waktu itu belom jadi titik balik gue buat mikir

"emang gue seharus itu yang jaga makan?" 
"emang gue seengga enak diliat gitu yah?"
"emang gue sebotol kecap itu yah?"

gue jujur, kalo acara kumpul keluarga, yang gue takutin itu kata-kata "lo gemukan deh" instead of "kapan kawin?"

bayangin, denial apa lagi yang harus gue keluarin ke mereka, apa lagi yang harus gue karang, apa lagi yang harus gue tunjukin ke mereka?



sampe nci gue, yang punya anak dua.. melakukan penurunan berat badan secara sadis, nci gue.. loss sekitar 15KG hasil lari dan diet vegetarian selama 3 bulan.

sampe saat itu, makin banyak omongan

"loh, cici kamu yang anak 2 ajah udah kurus, kamu kok belom nikah ajah uda segini?"

ouch. sedikit ngelukain harga diri gue sih..

"loh.. cici kamu kurus banget, badannya bagus, dan terlihat jauh lebih sehat yah dari kamu yang belom nikah"

ouch. sekali lagi ngelukain harga diri gue..

tapi gue tetep berusaha mencari pembenaran, disetiap kata-kata yang orang coba lontarkan ke gue..

titik balik gue mulai merasa "ada yang salah sama keyakinan gue soal diri gue sendiri"

adalah ketika dalam 2 bulan, gue 2 kali opname, karena sakit yang sebenernya simple, tapi langsung bikin gue drop..

"SAKIT KAYAK NONTON BROH! | maksudnya?| HOBI"




Setelah sakit, otomatis berat badan gue berkurang, gue turun 2 KG selama kesakitan gue.. sembari itu, si Pacar yang udah mulai ngegym selama 6bulan, mamerin perutnya ke gue.. sambil bilang

"ini hasil 6 bulan"

saat itu juga gue diem.

diem

diem

diem


pake banget.


gue mikir "kalo nanti dia makin bagus badannya, dan makin kerawat.. apa kabar kata orang pas gue jalan bareng"

"kalo nanti dia makin oke, gue tetep di badan gue yang sekarang gimana dong"

"kalo dia makin sehat dan gue makin sering sakit? gimana dong.."


saat itu juga, gue langsung daftar gym. iyah SAAT ITU JUGA..
setelah daftar GYM gue bahkan daftar di GYM lain untuk dapet personal Trainer..

disitulah, gue ketemu dengan Personal Trainer terbaik sejagad raya (versi Ichaspot)

dia bilang

PT: lo tau? saat cowo ngeliat cewe yang bodynya kayak elo tapi mukanya cantik mereka bilang apa?
Me: apa?
PT: sayang yah bodynya begitu
Me: hehe
PT: saat mereka ngeliat cewe bodya bagus tapi mukanya biasa ajah mereka bilang apa?
Me: apa?
PT: tapi bodynya bagus bro

gue.... terluka.


saat gue diem.. dia malah bilang

"emang harga dirilo harus terluka sampe dalem banget, ketika harga dirilo terluka, lo punya kekuatan untuk keluar.. dan menjadi orang yang baru.. orang yang nerima kenyataan kalo olahraga yang teratur bisa bikin lo sehat dan juga jauh lebih cantik"

dia juga bilang

"30% dari bodylo nanti adalah tanggung jawab gue, 70% nya itu tetep lo dan dapur lo"

PILIH MAKANAN!

selama sekitar kurang lebih 2 bulan, gue memilih makanan yang super.. super.. sehat..

instead of makan nasi, gue akan ngeganti nasi dengan yang lain, yang lain kayak sayur misalnya, gue ga makan makanan manis, gue ga minum minuman kaleng, gue bahkan ga makan makanan instant, boro boro junkfood bro.. gue makan bahkan 6kali sehari. tapi dengan porsi yang secukupnya yah..


dalam kurun waktu 2 bulan.. gue lost sekitar 5KG.. yang disusul dengan 3 KG berikutnya..



Goal gue pada awal gue olahraga adalah kurus, Goal gue setelah olahraga adalah sehat.

yang gue rasain setelah gue olahraga dan milih makanan, gue jadi super sehat dan ga gampang sakit, kecapean yang biasanya bisa berujung nginep di RS udah jarang banget gue laluin..

1 hal yang gue rasakan saat itu..

"kenapa gue ga dari dulu ngelakuin hal ini yah?"

kan demi kesehatan juga.. semua demi kesehatan, kulit juga jadi ga terlalu berminyak, mood juga jadi bagus karena konon katanya kalo lo berolahraga, hormon bahagialo bakal keluar dengan sendirinya..
(gue pengen nyaranin farhat abbas buat olahraga sih, siapa tau jadi ga usil lagi sama masalah orang)




Dan alasan gue nulis ini bukan gue sengaja bikin kalian yang masih merasa size kalian besar menjadi kecil hati.. jangan membaca ini dan mengartikan kalo big is not beautiful, atau ngerasa gue sok karena merasa diri gue berhasil.. semua harus diliat dari sisi positifnya..

gue merasa diri gue yang dulu, diri gue yang terus menerus berkata gue cantik apa adanya, orang harus nerima personality gue, dan sebagainya.. hanya membawa diri gue ke tempat yang ga bagus-bagus amat kok..

Malah ketika orang dengan gampangnya melontarkan perkataan yang menjurus ke fisik, gue ga bisa bilang "emang lo uda bagus?" itu juga lumayan nyakitin..

menerima diri sendiri dan mengubahnya menjadi lebih baik, menurut gue merupakan sebuah proses pendewasaan yang beruntung gue alami dengan bantuan banyak orang..

Bukannya juga gue menulis ini untuk mengecilkan hati kalian yang merasa diri Big, gue hanya mau share.. kalo gue ngerti perasaan percaya diri ketika gue mengklasifikasikan diri gue seorang perempuan yang cukup besar.. namun percaya deh, menjadi sehat dan cantik adalah bonus yang lo dapet ketika lo mulai olahraga..

Kenapa gue judulin "Separuh jiwaku pergi?" karena 10 KG dan masih terus usaha untuk lebih lagi.. udah pergi dari diri gue.. gue bahkan engga pernah punya berat badan ini dari taun 2007.

memulai segala sesuatu besok adalah 1 dari seribu macem denial yang lo keluarin, ga ada apapun yang akan sukses kalo lu lakuin besok, ga ada. apapun yang mau lo mulai. mulai sekarang.







xx

-cha yang uda turun 10kg dan jauh lebih sehat-




Komentar

  1. I know exactly how you feel bcz I've been there before. :') Dulu waktu SMA berat badan aku 77 kg & aku minder banget. Akhirnya nemu titik balik & slow but sure aku berhasil ngilangin 17 kg sebelum masuk kuliah.
    Sayangnya skrng aku bengkak lagi walaupun gak segede dulu *amit amit jangan sampe*, butuh ngumpulin niat sekeras baja buat bisa berhasil kayak dulu lagi. Thanks buat sharingnya, aku bakal usaha lebih keras lagi. :'D

    BalasHapus
  2. kak turun 10kg dalam waktu berapa lama? program buat nurunin berat badan apa aja? dogaannya apa aja kak? terus solusi buat godaan tersebut apa aja? thanks

    BalasHapus
  3. Ini menginspirasi. who cares others says. do what you believe. aku suka kamu, maksudku tulisan-tulisan kamu hehe.

    BalasHapus
  4. Cantik bangeeet kak :))

    Join my Mini Giveaway, win lots of cute and pretty fashion stuff. Open worldwide till January 27th. Click here.
    Cheers,
    Karina Dinda R. ♥
    BLOG | TWITTER | INSTAGRAM

    BalasHapus
  5. Thanks cici,udah mau share about your self ^^,
    kata2 yang harus gue underline dari post ini :
    "gue mikir "kalo nanti dia makin bagus badannya, dan makin kerawat.. apa kabar kata orang pas gue jalan bareng",
    jadi inget cowo gue,dan ceusss langsung semangat keluar buat hidup lebih sehat lagi,
    Thanks cici ^^

    BalasHapus
  6. Sedikit komentar dari saya yang mungkin memberikan tanggapan dari sekian banyak cowok lainnya....

    Tidak semua cowok suka ama cewek kurus....
    Tidak semua cowok suka ama cewek gemuk...

    So? Lakukan sesuatu hal bukan karena "kata orang" tapi lebih karena ingin dari diri sendiri, contoh sebagai saya yang perokok, mau dipaksa gimana juga dimenta brenti, dijamin mental....

    Tapi saat lagi bosan... sebulan ga merokok buatku biasa aja... apa gue harus bilang WOW gitu? apa orang2 juga harus bilang WOW? lalu saat gue merokok lagi dan mereka ga jadi bilang WOW gitu? en kenapa WOW mulu?

    wokeh.... maap.... intinya sih... lakukan sesuatu karena melihat sisi baiknya... olahraga demi kesehatan badan, jangan gara2 pasangan, orang lain atau siapalah yang menjadikan berubah.... HELLO....

    Kuncinya?.... hanya di mindset mu.... Anda berubah, Anda bergerak, Anda melakukan sesuatu untuk?... yah diawali karena untuk Anda sendiri untuk apa dan mau apa yah?... alhasil dijamin hasilnya menjadi lebih MUJARAB....

    Dan... gue juga tipe orang yang cuek bebek ama pasangan, biar kata gimana si Dia ga pede atau apalah... buat gue?... hey... waktu saya tertarik dengan seseorang... yah apa adanya... malahan jujurnya ga suka ama ce yang kurus2 amat... kasian... kayak ga dikasih makan kali ama pasangannya.... jadi si cowok makan mulu dan ceweknya dilarang makan?... hey... cowok-cewek juga manusia....

    Intinya sih.... di mindset... lakukan perubahan dengan diawali mindset.... dan setiap agak melenceng.... ingatkan kembali... gue mau berubah untuk apa yah?... oh ya.... buat gue sehat... buat gue bisa punya hari yang panjaaaang n ingin menikmati ulang tahun berikutnya, berikutnya dan berikutnya.... dijamin ampuh....

    semoga bisa memberikan semangat buat siapapun yang baca....

    regards
    @yossie3660

    BalasHapus
  7. Jadi sadar harus sering Olahraga (ง'̀o'́)ง(ง'̀-'́)ง
    Mksh cece

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

licin, halus, hemat waktu dan listrik?

Akhir-akhir ini gue sering banget curhat via instagram mengenai budget “ DIRI SENDIRI” gue yang udah berpindah jadi budget anak. Segala budget yang awalnya buat facial, buat hairspa, meni pedi berubah deh jadi buat beli popok, beli mainan, ataupun beliin baju anak biar anak jadi makin lucu. Kalo dipikir, kayaknya sebagian besar temen-temen gue yang mak-mak gitu semua, malah gue ini termasuk yang masih longgar loh soal budget. walau, celana ga longgar-longgar juga, bolehlah yah bajet kita longgarin? engga? boleh ga? #dialogdengandirisendiri.  Longgar bukan berarti ga mikir sama sekali yah, untuk menghemat di tepat lainpun gue tetep mikir. HYA IYALAH KALO GA,   GAJI DERA AMA YANA GIMANA~ Terus, kemarin, di Grup watsap, uda pada mulai heboh sama kenaikan tariff listrik, hhhh~~ ga naik ajah Barbie tangerang selatan mulai lupa sama yang namanya pampering karena kudu pinter-pinter make uang, yak an yak kan.. MANA SUARANYA BOEBOKK..? Pas tau tarif listrik naik, gue sih ga

em....brace!

Setelah lama ga nulis blog, akhirnya malem ini..  tepatnya barusan..  gue kepengen banget nulis.. kepengen share hal yang mungkin beda 180 derajat sama hal yang biasa gue tulis di blog ini.. Kepengen share hal yang berbau kedokteran yang mungkin kalo ada salah satu pembaca yang berprofesi sebagai dokter bisa bantu ralat atau memberikan tambahan atau juga nomor telepon #CipokBrutal Jadi hari ini adalah hari pertama gue sekolah Make Up.. (YIPIIEEE).. semuanya berjalan lancar, seru, dan nyenengin tentunya.. saat jalan pulang dari sekolah, gue ngoprek-ngoprek hape, ehhh dapet email yang mengharuskan gue untuk ngeprint.. (sumpah emailnya membahagiakan kok) #ifYouKnowWhatIMean hm.. yang jadi masalah adalah printer di kamar gue itu beda fungsinya sama printer di kamar kebanyakan cewe di luar sana.. printer di kamar gue lebih sering dipake buat tatakan kaki ketika gue lagi nonton drama serial korea, atau drama tentang vampir dan gadisnya.. hihihi.. iyah.. film yang serin

sebuah pemikiran seorang ibu yang lagi makan bubur ayam.

I love being a mom, i do. Tapi bukan berarti gue cinta mati sama anak gue dari gue liat dia pertama kali di ruang operasi yah. dulu sebelum lahiran, seorang sahabat ingetin gue untuk terus merasa diri waras walaupun tidak merasa proses kelahiran itu amazing. Nanti, abis lahiran, kalo lo liat muka anaklo dan lo ga merasa cinta-cinta amat, wajar yah. lo waras kok. Waktu itu gue ga engeh maksud dia, karena kan selama ini gue korban drama, korban sinetron, korban iklan, dimana seorang ibu abis lahiran, anaknya mukanya uda jelas, ga bengep, ibunya juga rambutnya ga lepek, si ibupun ga melalui proses muntah-muntah, menggigil ataupun kesakitan karena anaknya nyangkut, tiba-tiba meluk, terus dicium keningnya ama suaminya. GA GA GA GA GA Listen to me girls. ga gitu. pas anak gue keluarin dari perut, gue bahkan ga bisa inisasi menyusui dini, karena gue muntah-muntah, bahkan tepat setelah mencium dia. kalo nanti kamu baca nak, NO, it's not your fau