Langsung ke konten utama

my sister is my hero.

Gue terlahir di keluarga berencana yang kayak slogan KB "2 anak cukup!". dan kebetulan gue anak terakir.. kakak gue seorang perempuan, namanya Suci Wulandari. Bagi sebagian orang, memiliki kakak perempuan mungkin ga selamanya sebuah berkah, tapi bagi gue, cici gue ini ialah pahlawan di hati.



Selain memiliki kekuatan yang luar biasa, sumpah dengan tenaga yang ia miliki, gue sempet menyangka dia itu titisan saras 008 pada jamannya. cuman, berhubung tiap kali gue di rumah dia juga ga kemana-mana, mana mungkin seorang superhero di rumah terus tanpa memberantas kejahatan? jadi harapan memiliki kakak seorang superhero, kandas sudah.

Dengan berbekal sifat agak bego pas kecil, gue selalu merasa dia adalah orang terkeren yang pernah gue kenal. mungkin karena perbedaan umur yang cukup jauh, 4 tahun, gue smakin merasa dia super COOL!

--jaman film white snake legend--

cici: heyy de! ayo main uler putih! (ambil sarung lagaknya kayak senjata)
gue: ASIKK!!!! ayookk
cici: tapi saya uler putihnya! kamu ga boleh! kamu harus yang lain!!
gue: saya apa ajah, uler ijo juga boleh.. (pasrah)

--jaman film legend of condor heroes, si pendekar rajawali--

cici: ayok main BIBI LEUNG (cwnya YOKO)
gue: ASIKK!! ayokk..
cici: tapi karena kali ini saya bibi leungnya, kamu boleh jadi uler putih..
gue: WAAHH!!! asikk bannget!! oke!!

pada saat itu gue ga tau, kepolosan  gue dipergunakan untuk hal-hal sekecil ini.

--jaman BOYBAND--

cici: aihh backstreet boys tuhh keren banget!!
gue: ha!!! (nari-nari lagu get down)
cici: ayoo pilih.. kamu suka yang mana? tapi ga boleh suka sama nick carter. KAMU harus yang lain.
gue: waaa.. suka ama yang lain yah.. yauda howie ajah deh..

sumpah mati, setelah diinget.. pemaksaan suka Howie BSB itu bener-bener membunuh karakter gue. apalagi liat dia sekarang. bener-bener sebuah pembunuhan berencana.

--jaman boyzone--

cici: sumpah, ronan keating cool banget!!
gue: iyah? saya ga boleh suka dia?
cici: ga!
gue: yauda stephen gately ajah (bangga)

sampe sekitar taun 2000 sekian dia dtg lagi dan bilang:

cici: lu masi suka stephen gately?
gue: ohh yang boyzone?
cici: pilihanlu sih mantep.. dia GAY.
gue: .....ITUKAN LU YANG MAKSA GUE PILIH.

tapi, walo akhirnya gue sadar kalo dia begitu banyak mempergunakan gue, at least pada saat itu gue bahagia.

memiliki kakak seorang popstar pada jaman sma, merupakan berkah buat gue, melalui ajang pemilihan idola, kakak gue kepilih jadi salah satu finalis, dengan embel-embel nama "adiknya suci" di depan nama gue, ngebuat jalan gue di SMA makin lancar. kadang, banyak orang bilang:

"waww! adiknya suci? pinter nyanyii dong??"

gue akan dengan bijak bilang, " ga juga... talentanya beda-beda.."

padahal kalo lo bisa baca pikiran gue, jawaban gue itu "JADI LO AMA SEMUA SODARALO YANG METAL-METAL, SEMUA TALENTANYA SAMA??"

memiliki kakak satu-satunya otomatis ngebuat gue jadi adik satu-satunya juga buat dia, masa-masa SMP dia, dia juga sering disuguhi statement-statement yang bikin hati seorang perempuan merasa gerah:

temen 1: ucii? gila itu adelo..?
cici: iyah.. kenapa??
temen 1: kok cakep sih ga kayak elo?--> maklumin ajah, sekolah rakyat.. apa yang keluar dari mulut suka ga di ayak.
cici: iyahh dong.. nyokap gue lebih pengalaman pas buat dd gue.. jadi cakep deh.
temen 1: --diem-- skak mat. ga tau mau nimpalin apa..

tapi yah, cakep gue pada saat kecil, udah memudar kok sekarang.. ibarat kata kertas. pas kecil gue kertas emas.. tapi sekarang udah kena aer, kebakar api. ABIS. jadi kecantikan masa muda gue, telah sirna.

kakak gue, bukan seperti kakak perempuan kebanyakan yang suka ribut jaman SMA, atau yang suka berebutan pacar sama orang-orang, kakak gue berbeda. dia punya sikap yang JAUH. JAUH berbeda dibanding temen-temen sebayanya.. bahkan dari Taman kanak-kanak dia udah punya sikap.

--tk--

cici: ma, aku diisengin si roy. dia nyolek-nyolek aku terus.
mama: gigit ajah tangannya.. (ngomong santai)
besoknya:

cici: ma! roy nangis tadi..
mama: loh? kenapa??
cici: aku gigit tangannya pas nyolek..
mama: ......... (cek ada tanda 666 ga di pantat kakak gue)

--sd--

cici: ma, alex rese.. dia masa mau suka-suka an gitu.. geli.. trus tadi dia sok belagu gitu..
mama: si alex ngapain?
cici: sok-sok ngangkat kursi! mau lempar aku..
mama: TRUS KAMU???? (kawatir)
cici: aku angkat ajah mejanya.. trus dia diem.


tentang keperkasaannya, bisa diliat pada waktu dia kuliah, dia mulai nyetir mobil sendiri. padahal wujud nya saat itu uda perempuan. yah secara pada periode masa-masa mudanya, lo akan bingung ngeliat dia perempuan atau laki-laki. ermm...

--macet-macet di kolong jembatan tomang--

DUKK..!!

(mobilnya di sruduk dari depan) 

di dalem mobil itu ada 2 engko-engko senyum-senyum, mungkin arti senyum nya itu, sorry deh ci, saya ga sengaja, damai ajah yah.. tapi karena kakak gue ga ngerti bahasa batin, dia menganggap senyuman engko itu adalah genderang perang.


cici:
WOI!!!! (turun dari mobil)
engko : (stay smile)
cici: (wah.. minta mati)

BRAKKKKKKHHH!!!!  

digebuk lah itu kap mobil nya..

cici: turun LO JING!!!! banci lo..! uda nabrak malah senyum bukan minta maap!!! taik lo semua..
engko: (senyuman tadi, mendadak sirna) ..
cici: AAPA????
engko: ... sorry ci, sorry...

dengan sikap berapi-api, dia masuk ke mobilnya dan duduk santai dengerin lagu lagi. udah, tiba-tiba semua sirna..

--macet-macet di jcc--

cici: (lampu sen)
mba-mba: (dim dim dim) 

si emba ga mau kasih jalan, padahal jelas.. udah jalur cici.. dalem ati gue, sialan! pasti terjadi keributan deh.

cici: eis. kenapa gue dikasi lampu tinggi sama dia?
papa: udahh hajar ajah.. (mungkin cuman ngmg)
gue: sabar ajah..
cici: heys.. lampunya ga mati2..

setelah 5 menit, dia matiin lampu, dia ngeduluin cici, dengan pede, skrg cici  berada di belakang dia, di nyalain lah itu lampu tinggi.

mba-mba: gas-rem -rem-rem (ngajak perang)
cici: mana botol aqua??
gue: nih...gue kasi yang 1liter

oh! mungkin dia aus....

cici: (turun dari mobil)

BYUURRRRRRRRRR

mobil depan. disirem. sumpah mati. disirem itu mobil depan. TUHAN! TOLONG saya, keluarkan saya dari situasi ini.

mba-mba: (turun)... byur.. (sirem pake aqua gelas.)
cici: biarin, gapapa impas. tapi mobillu BECEK!

...

kalo emang gue kelainan jantung, pasti saat itu gue harus dilarikan ke UGD. beneran, jantung gue terpacu 20x lipat, mungkin ajah, umur gue jadi dikorting. 

walau dengan emosi yang sering meluap-luap pada jaman itu, tapi pada saat gue bener-bener kesepian, pol-polnya pas gue SMA, putus sama pacar, dimusuhin semua temen-temen baik. cuman dia sahabat sejati gue. cuman dia yang tetep rajin bertemen sama gue, cuman dia yang tetep ga bakal ngejudge gue, kayak yang  temen-temen gue lakuin pada saat itu.

entah harus bilang terima kasih, atau apa kepada mereka-mereka yang ngebuka mata gue, mereka-mereka yang meninggalkan gue karena kesalahan-kesahalan gue, mereka-mereka yang pada akhirnya ngebuat gue sadar, bahwa in the end, family will always stay.

dari SMA, sahabat terbaik gue cuman 1, sahabat kandung.<-- can we say that?

walaupun sahabat kandung gue itu sekarang sedang berkutat dengan masalah hormonnya, bawaannya ngocehhh mulu gara-gara si ponakan yang sedang ontheway. yahhhhhh gapapa lah.. saya maapin karena jasa-jasanya.. dan tetep menobatkan dia sebagai pahlawan di hati gue..


and you, my sister! you are my hero.

"There is no better friend than a sister.  And there is no better sister than you. " ~Author Unknown

 xx
-cha-



Komentar

  1. keep posting yah cha,, =)




    angel,

    BalasHapus
  2. kalau uda anyak cha, langsung jadi-in novel aj :D
    sukses ya cha :)

    BalasHapus
  3. Tambahan Comment :D hehehehe

    " Selama Masih Hidup, siapapun pasti masih melakukan Kesalahan. " dan barnag sapa yang menghakimi sesama pendosa juga, kiranya orang yang dihujat itu Bersabar, maka Namanya akan Bercahaya di atas sana :D "
    hehehe, baru aja kemaren baca alkitab, dan dapet kata2 ini ckckckck

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

licin, halus, hemat waktu dan listrik?

Akhir-akhir ini gue sering banget curhat via instagram mengenai budget “ DIRI SENDIRI” gue yang udah berpindah jadi budget anak. Segala budget yang awalnya buat facial, buat hairspa, meni pedi berubah deh jadi buat beli popok, beli mainan, ataupun beliin baju anak biar anak jadi makin lucu. Kalo dipikir, kayaknya sebagian besar temen-temen gue yang mak-mak gitu semua, malah gue ini termasuk yang masih longgar loh soal budget. walau, celana ga longgar-longgar juga, bolehlah yah bajet kita longgarin? engga? boleh ga? #dialogdengandirisendiri.  Longgar bukan berarti ga mikir sama sekali yah, untuk menghemat di tepat lainpun gue tetep mikir. HYA IYALAH KALO GA,   GAJI DERA AMA YANA GIMANA~ Terus, kemarin, di Grup watsap, uda pada mulai heboh sama kenaikan tariff listrik, hhhh~~ ga naik ajah Barbie tangerang selatan mulai lupa sama yang namanya pampering karena kudu pinter-pinter make uang, yak an yak kan.. MANA SUARANYA BOEBOKK..? Pas tau tarif listrik naik, gue sih ga

sebuah pemikiran seorang ibu yang lagi makan bubur ayam.

I love being a mom, i do. Tapi bukan berarti gue cinta mati sama anak gue dari gue liat dia pertama kali di ruang operasi yah. dulu sebelum lahiran, seorang sahabat ingetin gue untuk terus merasa diri waras walaupun tidak merasa proses kelahiran itu amazing. Nanti, abis lahiran, kalo lo liat muka anaklo dan lo ga merasa cinta-cinta amat, wajar yah. lo waras kok. Waktu itu gue ga engeh maksud dia, karena kan selama ini gue korban drama, korban sinetron, korban iklan, dimana seorang ibu abis lahiran, anaknya mukanya uda jelas, ga bengep, ibunya juga rambutnya ga lepek, si ibupun ga melalui proses muntah-muntah, menggigil ataupun kesakitan karena anaknya nyangkut, tiba-tiba meluk, terus dicium keningnya ama suaminya. GA GA GA GA GA Listen to me girls. ga gitu. pas anak gue keluarin dari perut, gue bahkan ga bisa inisasi menyusui dini, karena gue muntah-muntah, bahkan tepat setelah mencium dia. kalo nanti kamu baca nak, NO, it's not your fau

(suka) DUKA seorang SALES

Ketika gue akhirnya menyelesaikan program studi gue di BINUS, secara TEPAT waktu dan hasil yang engga malu-maluin.. gue berfikir bagaimana move on dari dunia perkampusan..  dari segi makanan favorit gue si efata, dari segi kendaraan yang so pasti ada, dari segi uang jajan ... iyah.. UANG JAJAN.. iyah.. sekali lagi UANG JAJAN yang akan distop seketika gue memiliki pekerjaan.. Dimulai dari proyek iseng setelah gue sidang, gue mengirimkan 1 lembar cv ke tempat magang gue, dan 1 nya lagi ke Head hunter gitu.. semacam penyalur lah.. kaloo di pemerintahan.. nama kerennya PJ.TKI.. #IchaNgarang #IchaDitindak #IchaDiKirimKeArab.. lantas, tanpa harapan yang besar,, tiba-tiba si tempat magang nelepon..  Job 1:  HAI! dengan AURELIA? (iyah, dia nyebut dengan kenceng, jadi gue bold yah) icha;  YAH! SAYA! AURELIA! (gue pikir harus sopan, membalas sapaan penuh semangatnya) Job 1:  DATENG yah SENIN kemari.. bisa? icha:  HA? SERIUS? bi....bisa... Job 1:  Oke! KAMI TUNGGU! *hari interview* Job 1: